Breaking News

Hadapi Perubahan, Dosen Pendidikan Matematika Adakan FGD “Telaah Kurikulum untuk Sekolah Menengah”

Perubahan kurikulum dalam pembelajaran di sekolah menjadi hal yang tidak bisa dihindari. Hal itu disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adanya perubahan kebutuhan zaman, perkembangan teknologi, perubahan kebutuhan pasar dalam hal ini kebutuhan lapangan kerja dan lain-lainnya. Untuk itu sebagai seorang pendidik, guru dan dosen harus lebih mampu beradaptasi dan terus mempelajari perubahan-perubahan kurikulum tersebut sebelum menerapkannya dalam proses pembelajaran.

Flyer Kegiatan

Perubahan kurikulum yang terjadi saat ini adalah perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka belajar. Salah satu tujuan kurikulum merdeka yaitu  mengejar ketertinggalan pembelajaran yang disebabkan oleh pandemi covid-19. Selain itu kurikulum ini dibuat dengan tujuan agar pendidikan di Indonesia bisa seperti di negara maju, yang mana siswa diberi kebebasan dalam memilih apa yang diminatinya dalam pembelajaran.

Narasumber (Kanan), Moderator (Tengah) dan Ketua Panitia Kegiatan (Kiri )

Untuk lebih memahami kurikulum merdeka belajar ini, maka Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan menghadirkan narasumber yang ahli dalam kajian kurikulum yaitu Dr. Zubaidah Amir MZ, M.Pd, Wakil Dekan 2 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan sekaligus sebagai Asesor Program Guru Penggerak. Beliau menjelaskan bahwa dengan adanya kurikulum merdeka belajar ini guru lebih diberikan kebebasan dalam menciptakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Pembahasan diawali dengan materi tentang Filsafat Kurikulum Merdeka Belajar, Struktur dalam kurukulum merdeka belajar, Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), ATP (Alur Tujuan Pembelajaran), Modul Ajar, dan Asesmen/Evaluasi serta P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam kurikulum merdeka belajar.

Penyampaian Materi oleh Narasumber

Kegiatan yang diketuai oleh Dr. Habibis Saleh, M.Sc. ini diharapkan dapat memantapkan pengetahuan bagi para dosen untuk dapat meneruskan proses pembimbingan dalam hal Kurikulum Merdeka belajar yang melibatkan guru di sekolah. Kegiatan FGD ini dimoderatori Ade Irma, M.Pd dengan dihadiri dosen-dosen Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan diadakan pada hari Kamis 26 Januari 2023 pada Pukul 08.00-12.00 WIB yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Hijau Lantai 2 Gedung Dekanat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Keseriusan Peserta Kegiatan dalam Memperhatikan Penjelasan Narasumber
Foto Bersama Narasumber dan Peserta Kegiatan FGD

Penulis: Rena Revita, M.Pd.

Laporan kegiatan: laporan FGD Kurikulum lengkap

About adminpmt

Check Also

Mantapkan Ilmu Terkait Evaluasi, Pendidikan Matematika Hadirkan Dosen Tamu

Perubahan kurikulum pendidikan di Indonesia akan berimbas pada berubahnya sistem penilaian yang dilakukan oleh tenaga …

https://pmt.uin-suska.ac.id/