Breaking News
Home / Berita PMt / Info Pmt / Media Sosial Online Pertajam Eksistensi Kampus

Media Sosial Online Pertajam Eksistensi Kampus

Sudah tak zamannya lagi mencari informasi melalui media berbahan kertas. Inilah yang saat ini menjadi tren di masyarakat, terlebih sejak dunia dilanda wabah Covid-19. Apa-apa dilakukan secara online, terutama terkait konsumsi informasi demi memenuhi dahaga terhadap keingintahuan akan kondisi yang sedang berkembang dan terjadi di masyarakat. Oleh karenanya, saat ini peran media sosial online dirasa menjadi sesuatu yang tak kalah penting dalam kehidupan sehari-hari. Selain dirasa lebih efisien, penggunaan media sosial juga dirasa efektif dalam mengurangi energi, waktu, dan biaya dalam usaha mencari informasi.

Menanggapi hal ini, pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau mempertajam sepak terjangnya di media sosial online. Pihak kampus kembali memaksimalkan sarana website fakultas dan program studi untuk menyebar informasi dan promosi kampus. Demi tercapainya hal tersebut, maka dibentuklah tim pengelola website fakultas dan program studi. Sebelum melaksanakan tugasnya, tim yang berjumlah 42 orang ini (terdiri atas unsur pimpinan fakultas, pegawai dan dosen) diberi bekal dalam bentuk pelatihan terkait pengelolaan website. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 23 Agustus s.d 01 September 2021 secara online melalui aplikasi zoom meeting.

Pendidikan matematika sebagai salah satu dari 15 program studi yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau, turut mengambil bagian dalam kegiatan ini. Diwakili oleh Dr. Muhammad Habibi, M.Pd. dan Hayatun Nufus, M.Pd., pendidikan matematika berusaha menggali ilmu yang diberikan oleh narasumber-narasumber yang memang ahli dibidangnya. Pada kegiatan yang berlangsung lebih kurang seminggu ini, turut hadir beberapa narasumber yang telah dikenal memiliki akun media sosial dengan pengikut sudah mencapai lebih dari 7 ribuan, diantaranya yaitu Tika Mutia, M.I.Kom, Aldeva Ilhami, M.Pd.,  Assyari Abdullah S.Sos., M.I.Kom, dan Mustakim ST., M.Kom.

Melalui tema kegiatan “Optimalisasi Website dan Media Sosial dalam Pengembangan Akademik dan Lembaga”, selain diberikan bekal materi, peserta juga dituntut untuk mengaplikasikan ilmu yang telah disampaikan melalui praktek secara langsung. Cara membuat artikel yang baik, video yang menarik, pembuatan flyer, sertifikat, google form yang bagus serta pengelolaan aplikasi zoom menjadi inti dari materi yang diberikan. Dengan diadakannya acara ini, diharapkan peserta memiliki bekal yang cukup dalam melakukan pengelolaan website baik di tingkat fakultas maupun program studi.

About adminpmt

Check Also

TATA CARA PENGAJUAN SURAT TUGAS DOSEN ONLINE DI BAGIAN UMUM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUSKA RIAU

A. Surat Tugas Pengembangan Bahan Ajar/Modul 1. Dosen mengajukan surat permohonan, mengisi data dan upload …