Breaking News

Pengabdian Masyarakat : Pembelajaran Matematika Asyik dan Menyenangkan melalui Penggunaan Media Fun Thinkers

Matematika dasar sangat penting diajarkan kepada anak melalui pembelajaran yang bermakna. Matematika juga hendaknya diajarkan kepada anak dengan cara menciptakan aura dan lingkungan di mana anak-anak dapat mengeksplorasi pengalaman yang dapat memberikan kesempatan untuk mengetahui dan memahami segala bentuk pengalaman belajar yang diperolehnya dari lingkungan, dari berbagai media ataupun melalui cara mengamati, meniru dan bereksperimen yang berlangsung secara berulang-ulang dan melibatkan seluruh potensi dan kecerdasan anak.

Pengenalan matematika kepada anak sebaiknya dilakukan melalui penggunaan benda-benda atau media pembelajaran yang sifatnya konkret. Tergerak akan hal ini, dosen-dosen program studi Pendidikan Matematika melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Pelatihan Penggunaan Media Fun Thinkers di TPA Nurul Yakin”. Kegiatan ini dilakukan oleh empat orang dosen pendidikan matematika, yaitu Ibu Depriwana Rahmi, M.Sc., Ibu Annisah Kurniati, S.Pd.I., M.Pd., Ibu Dr. Risnawati, M.Pd., dan Ibu Dr. Suci Yuniati, M.Pd. Melalui agenda yang diadakan pada tanggal 24 April 2021 dengan melibatkan anak-anak pada kelas 1-6 sekolah dasar), diharapkan dapat memberikan motivasi lebih kepada anak-anak untuk semangat belajar matematika.

Kegiatan pengabdian tersebut dilakukan dengan membagi anak-anak kedalam tiga kelompok, yaitu (1) kelas 1-3 sekolah dasar putri dengan buku math level 1, (2) kelas 4-6 sekolah dasar putri dengan buku math level 2 dan math level 3, dan (3) kelas 4-6 sekolah dasar putra dengan buku math level 3. Selama kegiatan berlangsung, terlihat jelas anak-anak sangat antusias dan gembira mengikuti apa pembelajaran menggunakan fun thinkers. Semoga harapan dan tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian masayarakat tersebut dapat tercapai dan bersifat menetap.

Pembelajaran Matematika Menggunakan Fun Thinkers

About adminpmt

Check Also

Duka Mendalam, Pendidikan Matematika Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Ketua LPM UIN Suska Riau

https://pmt.uin-suska.ac.id/