Mewujudkan Generasi Berdaya Saing Tinggi Melalui Seminar Edukasi

Perkembangan IPTEK semakin hari semakin maju. Banyak teknologi dan ilmu baru yang mempermudah kita dalam menjalankan kehidupan. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Untuk itu, perlu diberikan pengenalan agar semakin banyak yang mengetahui. Berangkat dari sinilah, HMPS Pendidikan Matematika mengadakan “Seminar Edukasi”, dengan tema “Mewujudkan Generasi Pendidikan Matematika yang Kreatif, Inovatif, Edukatif, dan Berdaya Saing Tinggi di Era 4.0”.

Seminar Edukasi diketuai oleh Arif Ahmadi dari divisi advokasi HMPS Pendidikan Matematika. Diselenggarakan pada hari Kamis, 09 Juni 2022, di Aula Gedung FTK lantai 3.
Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa dosen, salah satunya Ibu Dr. Granita S. Pd., M. Si. selaku Ketua Prodi Pendidikan Matematika. Seminar edukasi ditujukan kepada mahasiswa aktif Pendidikan Matematika tahun ajaran 2021-2022.

Seminar Edukasi terdiri dari tiga materi. Materi pertama adalah mengenai kode etik, yang disampaikan oleh Bapak Ramon Muhandaz, S. Pd., M. Pd. Beliau memberikan informasi mengenai bagaimana kode etik mahasiswa/i di UIN Suska Riau, khususnya pada prodi Pendidikan Matematika. Materi selanjutnya adalah karya tulis ilmiah, yang dijelaskan oleh Bapak Musa Thahir, M. Pd. Pada sesi ini, mahasiswa dapat mengetahui bagaimana cara membuat karya tulis ilmiah yang baik dan judul yang menarik. Yang terakhir yaitu materi desain, yang disampaikan oleh Bapak Hasanuddin, M. Si. Beliau menjelaskan mengenai aplikasi-aplikasi yang tidak berbayar untuk membuat desain dan bagaimana cara menggunakannya.

Pelaksanaan Kegiatan Seminar Edukasi

Widia Oktaviani, sebagai salah satu peserta Seminar Edukasi berpendapat bahwa, “Seminar ini sangat bermanfaat dan cukup membantu saya, karena dari seminar tersebut, saya jadi belajar bagaimana tata cara penulisan dan apa saja syarat yang perlu dipenuhi untuk membuat karya tulis ilmiah yang baik. Selain itu, dengan seminar tersebut saya jadi mengetahui hal-hal baru, seperti website-website online yang baik untuk mencari referensi, serta aplikasi-aplikasi legal yang bagus untuk digunakan dalam pembuatan karya seperti poster, cover modul, cover lks dan semacamnya”.

Dengan adanya kegiatan seminar edukasi ini, harapannya akan berkembang kemampuan mahasiswa Pendidikan Matematika dalam menulis karya ilmiah dan desain, serta memiliki kode etik yang baik.
Kegiatan ini sangat berguna dan menarik, semoga bisa terus berlanjut pada periode-periode berikutnya.

Foto Bersama pada Kegiatan Seminar Edukasi

Penulis: Armayadha Sihombing

About adminpmt

Check Also

Tahniah! Mahasiswi PMT Semester 3 Meraih Prestasi pada MTQ Tingkat Kabupaten Bengkalis

Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat Kabupaten Bengkalis ke-47 tahun 2022 diadakan di Komplek Pertamina, Sungai Pakning, …