Breaking News

Perbaiki Kualitas Instrumen Penelitian Mahasiswa, PMT Adakan Focus Group Discussion (FGD)

Civitas akademika, baik dosen maupun mahasiswa tentu tidak akan terlepas dari kegiatan penelitian. Mahasiswa akan mendapatkan gelarnya jika sudah menyelesaikan tugas akhir berupa skripsi yang pada dasarnya merupakan laporan hasil penelitian. Sementara itu, dosen sebagai tenaga pendidik yang memiliki tugas berupa Tri Dharma Perguruan Tinggi juga tidak terlepas dari kegiatan penelitian. Penelitian yang baik tentu akan memperhatikan kualitas instrumen pengumpulan data yang digunakan. Kualitas ini ditentukan oleh kelayakan atau kevalidan instrumen yang disusun. Bergerak dari pentingnya kelayakan atau kevalidan isntrumen penelitian yang digunakan, maka perlu diadakan sebuah kegiatan yang dapat memfasilitasi tercapainya standar baku terkait hal ini. Oleh karena itu,program studi pendidikan matematika mengadakan pertemuan diskusi yakni Focus Group Discussion (FGD) yang berjudul “FGD Validasi Instrumen Penelitian Mahasiswa Periode Maret-Mei 2024”.

Gambar 1. Keseriusan Peserta dalam Memperhatikan Materi Validasi

Kegiatan FGD ini bertujuan untuk memperjelas langkah awal bagi dosen dan mahasiswa dalam menyusun sebuah instrumen penelitian yang terjamin kelayakan atau kevalidannya. Kegiatan FGD ini dilaksanakan secara tatap muka langsung di ruangan rapat lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau dan berlangsung secara rutin setiap hari Selasa di bulan Maret s.d Mei 2024. Kegiatan ini diketuai oleh sekretaris Prodi langsung yakni Ramon Muhandaz, M.Pd dan dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswa yang sedang dalam proses penelitian sehingga perlu validasi untuk instrumen penelitiannya.

Walaupun kegiatan ini sudah berlangsung sangat sukses dan berjalan lancar yang dibuktikan dengan kejelasan penyampaian materi dan keaktifan peserta dalam kegiatan tanya jawab terkait materi “Validasi Instrumen Penelitian”, tentu masih ada hal-hal yang menjadi catatan untuk pelaksanaan kegiatan serupa kedepanny seperti kendala teknis dan ketepatan waktu kehadiran peserta.

Penulis: Rena revita, M.Pd.

About adminpmt

Check Also

Pembayaran UKT Semester Ganjil TA 2024-2025