Breaking News

Untuk Pertama Kalinya Mahasiswa Pendidikan Matematika Mengabdi kepada Masyarakat Melalui Kemah Bakti Mahasiswa (KBM)

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (HMPS–PMT) untuk pertamakalinya mengadakan acara Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) yang berlangsung selama tiga hari pada tanggal 21-23 Januari 2022, bertempat di Dusun II Langgam, Alam Panjang, Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar, Riau. Dengan mengangkat tema “mengabdi dengan aksi, bergerak dengan hati”, acara ini selain mengadakan pengabdian masyarakat juga difokuskan untuk mempererat silaturahmi diantara mahasiswa baru dengan mahasiswa tingkat. Kegiatan ini diikuti oleh 72 orang mahasiswa aktif Pendidikan Matematika. Ketua Pelakasana KBM, M. Erlangga Sahrul Sam mengatakan bahwa alasan mengadakan kegiatan ini juga untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi tentang Pengabdian kepada masyarakat. Selain mengadakan kemah dan pengabdian masyarakat, panitia memberikan warna pada kegiatan ini dengan merancang kegiatan yang bervariasi. Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan, dilanjutkan dengan acara kebersamaan, games, yel-yel, upgrading, serta diakhiri dengan pengabdian di SD Muhammadiyah 002 Langgam Desa Alam panjang dan Pengabdian di Mesjid Dusun langgam.

Kegiatan Kemah Bakti Mahasiswa Pendidikan Matematika

Dihari pertama, tepatnya pada tanggal 21 Januari 2022 diadakan upaca pembukaan KBM di lapangan Dusun II Langgam dengan dihadiri oleh seluruh panitia, peserta, dan beberapa pemateri KBM. Kegiatan ini berlangsung sekitar pukul 05.00 WIB. Setelah upacara selesai, selanjutnya panitia dan peserta bersiap-siap untuk melaksanakan sholat maghrib dan pengajian menjelang waktu sholat Isya. Selanjutnya para peserta berkumpul untuk makan malam dan melaksanakan kegiatan sharing is caring dan arahan Bakti Masyarakat yang dihadiri oleh ketua DEMA FTK yaitu Ihsan Alwada dan ketua SEMA FTK yaitu Feri Kurniawan. Setelah sharing is caring berakhir, seluruh peserta diarahkan untuk beristirahat.

Pada pukul 04.00 WIB dini hari tepatnya pada tanggal 22 Januari 2022, semua peserta diarahkan untuk bangun dan bersiap-siap membersihkan diri serta melaksanakan sholat subuh. Sekitar pukul 06.00 WIB pagi, seluruh peserta dan panitia melaksanakan senam pagi bersama. Senam yang dilaksanakan adalah senam Riau Bangkin dan Maumere. Setelah itu peserta diperbolehkan untuk istirahat sebentar. Setelah pukul 07.00 WIB waktunya sarapan yang telah disediakan oleh panitia konsumsi. Kemudian koordinator lapangan mengarahkan Persiapan Bakti Masyarakat yang dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga selesai. Setelah itu, peserta dan panitia melaksanakan sholat dzuhur bersama dan makan siang. Pada pukul 14.00 WIB peserta dan panitia melakukan upgrading yang dihadiri oleh pemateri yaitu M. Panji Pauzan dengan materi “Nilai – Nilai Mahasiswa” dan materi “Manajemen Waktu” oleh Yudi Utama Tarigan, S.H. Malamnya dilanjutkan dengan malam keakraban dan menyalakan api unggun.

Foto Bersama pada Acara Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat

Pada hari ketiga (23 Januari 2022), seperti hari sebelumnya seluruh peserta melakukan persiapan aktivitas pagi, setelah itu senam dan dilanjutkan dengan sarapan. Setelah itu seluruh peserta mengikuti “Sayonara” berupa games hingga masuk waktu dzuhur. Selesai sholat dzuhur, dilanjutkan dengan makan siang, setelah itu persiapan pulang, serta penutupan acara KBM 2022 dan penyerahan cinderamata kepada Desa II Langgam.

Penyerahan Cinderamata kepada Tokoh Masyarakat

Penulis: Ghina Mardhiyah, Kominfo HMPS PMT Periode 2022

 

About adminpmt

Check Also

Duka Mendalam, Pendidikan Matematika Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Ketua LPM UIN Suska Riau

https://pmt.uin-suska.ac.id/