Breaking News

Peduli Literasi, Dosen Pendidikan Matematika Adakan Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal berbasis Hasil Riset PTK untuk Guru SMP di Kabupaten Kampar

Guru Profesional merupakan guru yang memiliki kompetensi tertentu sesuai dengan persyaratan yang dituntut oleh profesi keguruan. Guru yang  profesional diharapkan senantiasa dapat menguasai bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkan kepada siswa dalam proses belajar mengajar, serta senantiasa mengembangkan kemampuan diri secara berkelanjutan, baik dalam segi ilmu yang dimilikinya maupun pengalamannya.

Salah satu bentuk kegiatan untuk melakukan pengembangan keprofesian guru adalah dengan melakukan kegiatan menulis, meneliti, dan mengkaji suatu objek sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Kegiatan menulis tentu hendaknya sampai pada tahapan publikasi hasil tulisan tersebut. Publikasi ilmiah merupakan  tahapan penyebaran (pemberitahuan) hasil penelitian/ karya ilmiah kepada khalayak ramai (masyarakat). Hal ini tentunya diawali dengan penulisan karya ilmiah yang akan dipublikasikan. Untuk menunjang pemahaman guru tentang jurnal dan bagaimana sebuah tulisan karya ilmiah bisa dipublikasi pada suatu jurnal, tim dosen pendidikan matematika (Rena Revita, M.Pd., Ramon Muhandaz, M.Pd., Mayu Syahwela, M.Pd., dan Arnida Sari, S.Pd., M.Mat.)  melakukan sebuah pelatihan untuk guru-guru  yang diberi judul ” Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal berbasis Hasil Riset PTK untuk Guru SMP di Kabupaten Kampar”. Kegiatan ini berupa pelatihan penulisan artikel jurnal berbasis hasil riset PTK yang telah dilakukan guru.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2022. Adapun tempat pelaksanaan kegiatan adalah sekolah UPT SMP Negeri Satu Atap Koto Perambahan Kecamatan Kampa di Kabupaten Kampar. Sasaran dan target dari pengabdian ini adalah guru-guru UPT SMP Negeri Satu Atap Koto Perambahan Kecamatan Kampa di Kabupaten Kampar. Namun dikarenakan SMP Negeri satu Atap berada dalam lingkungan yang sama dengan SD Negeri 005 Koto Perambahan, maka beberapa guru dari SD tersebut pun ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Papan Nama Sekolah Satu Atap

Kegiatan dilakukan diruang kelas SMP Negeri Satu Atap yang dihadiri oleh 16 orang guru diantaranya 1 orang kepala sekolah, 7 orang guru kelas SD Negeri 005 Koto Perambahan dan 8 Orang Guru Mata Pelajaran SMP Negeri Satu Atap Koto Perambahan.

Kegiatan pengabdian ini dimulai dengan pembukaan yang dilakukan oleh Kepala sekolah yaitu bapak Musir,S.Pd.,M.Pd. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber yang merupakan tim pengabdian yaitu Bapak Ramon Muhandaz, M.Pd.. Materi yang disampaikan yaitu materi yang berkaitan dengan penulisan karya ilmiah, diantaranya prinsip pembuatan PTK mulai dari bagaimana permasalahan itu diperoleh kemudian solusi-solusi yang berkaitan dengan bidang kajian masing-masing, materi tentang penulisan laporan PTK, struktur dalam penulisan karya ilmiah dalam hal ini laporan hasil PTK yang telah dilakukan oleh guru, serta komponen-komponen yang harus ada dalam  sebuah artikel, mulai dari abstrak hingga referensi dengan mengikuti salah satu contoh template jurnal agar guru bisa langsung mempraktekkan apa yang telah disampaikan. Selain itu tim pengabdi juga memberikan materi berupa plagiarism dan materi tentang cara mengetahui jurnal-jurnal yang sudah terakreditasi SINTA dan beberapa contoh dari jurnal yag dimiliki oleh UIN Suska Riau.

Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan

Penyampaian materi juga diselingi dengan proses tanya jawab dengan guru-guru. Tanya jawab tersebut difokuskan kepada pembahasan terkait kendala apa saja yang dihadapi para guru selama ini dalam pembuatan PTK, penyusunan PTK  sampai kepada penulisan laporan PTK serta cara-cara untuk publikasi laporan hasil PTK tersebut di jurnal terakreditasi.

Sebelum turun ke lapangan, tim pengabdian UIN Suska Riau telah berkoordinasi dengan salah seorang guru dan meminta peserta untuk mempersiapkan masing-masing 1 buat laporan PTK yang sudah  dilakukan dan masing-masing membawa laptop. Namun pada saat kegiatan berlangsung, diketahui hanya ada  1 orang guru yang sudah memiliki laporan hasil PTK yang siap untuk di publikasi yaitu Bapak Satriadi, S.Pd. yaitu Guru untuk Mata Pelajaran Matematika. Oleh karena itu, tim pengabdian melakukan pendampingan terhadap laporan hasil PTK tersebut agar dapat dipublikasi di jurnal terakreditasi, mulai dari menetapkan judul yang akan dibuat di artikel yang akan di publikasi, hingga cara menentukan cara pembuatan referensi yang benar. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sudah terlaksana dengan sangat baik.

Foto Bersama Tim Pengabdi dan Peserta Pelatihan

Penulis: Rena Revita, M.Pd.

 

 

About adminpmt

Check Also

Kalender Kegiatan Akademik Semester Ganjil 2022/2023