Breaking News

Aliran Filsafat dalam Membangun Psikologi Positif Siswa ditinjau dari Aspek Humanis dan Contoh Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika

Pada tanggal 17 November 2022, Pendidikan Matematika UIN SUSKA Riau kedatangan dosen tamu yaitu Ibu Dr. Sutini, M.Si. Beliau merupakan salah satu dosen yang mengajar di UIN Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur. Beliau dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran yang membahas empat kajian tentang Filsafat Matematika kepada mahasiswa Pendidikan Matematika UIN SUSKA Riau dan di temani oleh ibu Noviarni M.Pd selaku dosen Pendidikan Matematika UIN SUSKA Riau. Empat kajian tersebut adalah Psikologi Positif Siswa, Teori Belajar Humanistik, dan Penerapan dalam Pembelajaran Matematika.

Pelaksanaan Pembelajaran dengan Dosen Tamu

Ibu Dr. Sutini, M.Si. menjelaskan bahwasannya ada 2 teori belajara dalam pandangan Humanistik. Pertama, proses belajar harus dimulai dan ditunjukkan untuk kepentingan memanusiakan manusia itu sendiri. Kedua, lebih banyak berbicara tentang konsep – konsep pendidikan untuk membentuk manusia yang dicita – citakan, serta tentang proses belajar dalam bentuknya yang paling ideal dari pada pemahaman tentang proses belajar sebagaimana apa adanya, seperti yang selama ini dikaji oleh teori – teori lain.

Dea Murdianingsih, sebagai mahasiswa Pendidikan Matematika yang mengikuti pembelajarang yang diberikan ibu Dr. Sutini, M.Si. mengatakan, “beliau menyampaikan materi dengan baik, tanpa teks book, juga menyusun konsep – konsep materi sedemikian bagus dan tidak bertele-tele, setiap materi yang disampaikannya selalu mengaitkan dengan kenyataan dan memberikan solusi. Pertama kalinya kedatangan dosen tamu, apa lagi dari pulau Jawa, terutama Surabaya. Bagi saya, beliau memberikan warna baru dari sudut pandang, gaya bicara, dan budaya. Satu hal yang menjadi pelajaran besar, beliau menempuh beberapa jam untuk sampai ke UIN Sunan Ampel tanpa mengeluh dan sudah dilakukan bertahun – tahun, ini menjadi tamparan bagi kita mahasiswa yang terkadang merasa malas untuk dating ke kampus jika hanya satu mata kuliah saja”.

Foto Bersama Pimpinan Pendidikan Matematika dengan Dosen Tamu

Penulis: Ghina Mardhiyah, Kominfo HMPS PMT Periode 2022

About adminpmt

Check Also

Duka Mendalam, Pendidikan Matematika Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Ketua LPM UIN Suska Riau

https://pmt.uin-suska.ac.id/