Breaking News

Praktisi Mengajar: Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Matematika

Sejak diluncurkannya kurikulum merdeka belajar, sudah banyak sekolah yang mengimplementasikan kurikulum tersebut. Sudah patutnya  mahasiswa juga harus paham tentang kurikulum merdeka belajar sebagai bekal nanti ketika menjadi guru atau PPL. Untuk mendapatkan wawasan tentang kurikulum merdeka belajar di sekolah khususnya pada mata pelajaran matematika, Program Studi pendidikan matematika pada hari Selasa, 29 November 2022 pukul 08.30 sampai 11.30 WIB mengadakan kegiatan praktisi mengajar secara daring melalui zoom dan youtube https://www.youtube.com/watch?v=BIlEpaxt71o. Kegiatan ini menghadirkan narasumber hebat yaitu ibu Rahmayani, M.Pd. Beliau merupakan guru SMAN 9 Pekanbaru sekaligus Pengajar  Praktik Angkatan 4 Kota Pekanbaru.

Narasumber dan Moderator Kegiatan “Praktisi Mengajar”

Kegiatan ini dibuka oleh WD 1, Bapak Dr. Zarkasih, M.Ag dan ketua prodi Pendidikan Matematika, ibu Dr. Granita, M.Si dengan dipandu moderator ibu Rena Revita, M.Pd.  kegiatan ini diikuti oleh 53 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen. Ibu Rahmayani, M. Pd menyampaikan tiga keunggulan kurikulum merdeka yaitu: lebih sederhana dan mendalam, lebih merdeka, lebih relevan dan interaktif. Selain itu beliau menyampaikan  perbedaan-perbedaan antara kurikulum merdeka dengan kurikulum 2013, salah satunya adalah pada bahan ajar.

Kegiatan Panitia Penyelenggara

Dalam presentasinya beliau menampilkan contoh bahan ajar kurikulum merdeka belajar berupa modul ajar matematika. Alhamdulillah dengan adanya contoh modul ini, mahasiswa mendapat ilmu untuk membuat bahan ajar yang berbasis kurikulum merdeka. Kegiatan ini berlangsung dengan baik, mahasiswa dan dosen aktif bertanya.

Virtual Backgorund yang Digunakan Selama Kegiatan Berlangsung

Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini, dapat menjadi bekal ilmu dan pengalaman bagi peserta terkait kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran matematika di sekolah. Hal ini terutama diharapkan sebagai amunisi bagi mahasiswa semester atas dalam mempersiapkan rencana kegiatan PPL dan penelitian mereka masing-masing.

Foto Bersama Diakhir Kegiatan

Penulis: Depi Fitraini, S.Pd., M.Mat.

Dokumen: LAPORAN FULL KEGIATAN PRAKTISI MENGAJAR 29 NOVEMBER 2022

About adminpmt

Check Also

Duka Mendalam, Pendidikan Matematika Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Ketua LPM UIN Suska Riau

https://pmt.uin-suska.ac.id/