Breaking News

PMT UIN Suska Riau Adakan FGD untuk Memperdalam Pemahaman Terkait Metode Penelitian Kualitatif

Civitas akademika, baik dosen maupun mahasiswa tentu tidak akan terlepas dari kegiatan penelitian. Mahasiswa akan mendapatkan gelarnya jika sudah menyelesaikan tugas akhir berupa skripsi yang pada dasarnya merupakan laporan hasil penelitian. Sementara itu, dosen sebagai tenaga pendidik yang memiliki tugas berupa tri dharma perguruan tinggi juga tidak terlepas dari kegiatan penelitian. Dari beberapa jenis penelitian yang lazim dan sering digunakan, salah satunya adalah penelitian kualitatif.

Kegiatan FGD “Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Matematika” yang ditaja oleh Program Studi Pendidikan Matematika ini bertujuan sebagai langkah awal bagi dosen dan mahasiswa dalam memahami lebih dalam terkait penelitian kualitatif. Terkhusus bagi mahasiswa, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar mereka  dapat lebih memahami hal-hal penting terkait penelitian kualitatif, bagaimana prosedur penelitiannya, teknik pengumpulan data, instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data, dan bagaimana teknik analisis data yang digunakan. Terkhusus bagi dosen, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyeragamkan pemahaman dosen terkait penelitian kualitatif, yang digunakan dalam membimbing dan menguji skripsi mahasiswa.

Kegiatan FGD “Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Matematika” ini telah terlaksana dengan sukses dan berjalan lancar pada hari Selasa tanggal 08 November 2022. Kegiatan ini berlangsung di lantai 3 Fakultas Tarbiyah UIN Suska Riau pukul 08.00-12.00 WIB.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh MC sekaligus moderator, yaitu Ade Irma, M.Pd., dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Dr. Granita, M.Si. Kata sambutan dilanjutkan oleh Wakil Dekan I FTK, Dr. Zarkasih, M.Ag., sekaligus membuka acara.

Keseriusan Peserta dalam Memperhatikan Penjelasan Narasumber

FGD yang telah dilaksanakan ini melibatkan dua orang narasumber yang berasal dari internal Program Studi Pendidikan Matematika, yaitu Dr. Miftahir Rizqa, M.Pd., dan Dr. Suci Yuniati, M.Pd. Penyampaian materi oleh narasumber diawali dengan penjelasan terkait “Pengantar Penelitian Kualitatif” oleh Dr. Miftahir Rizqa, M.Pd., dan dilanjutkan penjelasan terkait “Contoh Penerapan Penelitian Kualitatif” oleh Dr. Suci Yuniati, M.Pd.

Setelah penyampaian materi oleh kedua narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber yang dipimpin langsung oleh moderator. Dari peserta yang hadir, terdapat beberapa dosen dan mahasiswa yang bertanya terkait materi yang telah dijelaskan.

Kegiatan yang melibatkan lebih kurang 20 orang dosen dan 25 mahasiswa ini sangat dibutuhkan oleh mahasiswa dan dosen. Materi yang disampaikan sangat relevan dengan kebutuhan mahasiswa terkait penyelesaian tugas akhir skripsi mereka dan sesuai dengan kebutuhan dosen untuk keseragaman pemahaman dalam membimbing dan menguji skripsi mahasiswa terkait penelitian kualitatif.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, semoga dapat menjadi bekal bagi dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan penelitian dengan jenis penelitian kualitiatif, baik dalam memahami prosedur penelitian, teknik pengumpulan data, bentuk instrumen penelitian yang dibutuhkan, serta bagaimana teknik dalam menganalisis data penelitian. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bekal perbaikan bagi dosen dan mahasiswa untuk menyempurnakan ilmu dan teknis dalam melakukan kegiatan penelitian kualitatif.

Penulis: Hayatun Nufus, M. Pd.

Lampiran Laporan: 0 Full Laporan FGD Metopel Kualitatif

About adminpmt

Check Also

Duka Mendalam, Pendidikan Matematika Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Ketua LPM UIN Suska Riau

https://pmt.uin-suska.ac.id/