Breaking News

Pentingnya Musyawarah Besar untuk Membentuk Regenerasi Kepengurusan yang Berintegritas

Musyawarah besar (mubes) merupakan salah satu cara untuk memilih ketua dalam sebuah organisasi. Mubes dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu tahun, dan umumnya dilaksanakan pada akhir kepengurusan.

Kepengurusan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (HM-PS PMT) periode 2022 sudah mencapai akhir kepengurusan. Dengan begitu, diadakanlah Mubes HM-PS PMT 2022 untuk memilih kepengurusan HM-PS PMT 2023 yang loyalitas dan berintegritas.

Kegiatan Mubes HM-PS PMT dilaksanakan pada hari Ahad, 04 Desember 2022 di gedung PKM UIN Suska Riau. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan kelas, pengurus HM-PS PMT periode 2022, demisioner HM-PS PMT, serta stering committee dari Senat mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Acara dibuka pukul 09.00, diawali dengan pembacaan Al-Qur’an. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UIN Suska, dan Mars Mahasiswa. Kemudian, pemberian kata sambutan dari ketua pelaksana mubes HM-PS PMT 2022 oleh Muhammad Aidil Rizky. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua HM-PS PMT periode 2022, yakni Firman Putra Aditama, dan sambutan dari Senat Mahasiswa yang diwakili oleh Thasya Salsabila. Setelah itu, pembacaan doa oleh Yudha Ardhana, untuk mengharap kelancaran acara kepada Allah SWT.

Setelah rangkaian acara pembukaan selesai, sidang mubes dimulai dari pukul 09.45. Sidang dipimpin oleh presidium sementara, yakni Firman Putra Aditama sebagai presidium 1, Tiara Fadhila Asri sebagai presidium 2, dan Putri Layona Famella sebagai presidium 3.

Mubes diawali dari sidang pleno I, yang membahas dan mengesahkan draft agenda persidangan, tata tertib mubes, dan pemilihan presidium tetap serta mengesahkan sidang pleno I. Peserta sidang menyepakati bahwa pimpinan sidang terdiri dari 1 delegasi kelas dan 2 pengurus HM-PS.

Setelah menawarkan beberapa opsi, akhirnya terpilih pimpinan sidang tetap yang terdiri dari Yudha Ardana sebagai presidium 1, Ivo Amaliah Putri, sebagai presidium 2, dan Rinu Nurhayati sebagai presidium 3. Menjelang digelar sidang pleno II, dilakukan skorsing untuk sholat dan makan bersama selama 2 × 45 menit.

Sidang pleno II membahas tentang pemaparan dan pengesahan lembar pertanggungjawaban oleh ketua HM-PS PMT periode 2022. Dilanjutkan dengan sidang pleno III, yang membahas dan mengesahkan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Setelah itu, sidang pleno IV membahas dan mengesahkan mekanisme pemilihan ketua HM-PS PMT periode 2023.

Setelah disahkan, peserta sidang mengajukan beberapa calon ketua yang memenuhi kriteria ketua HMPS PMT yang sudah disepakati. Namun, pemilihan ketua tidak putus melalui musyawarah, sehingga para kandidat melakukan lobbying untuk memilih siapa yang menjadi ketua HMPS PMT periode selanjutnya.

Akhirnya diputuskan bahwa yang menjadi ketua HM-PS PMT periode 2023 adalah Farrez Alfarezy Yusfa dari semester 5 angkatan 2020. Sebelum menyerahkan jabatan, Firman Putra Aditama selaku ketua HM-PS PMT periode 2022 memberikan petuah untuk mengakhiri masa jabatannya. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh ketua terpilih, yakni Farrez Alfarezy Yusfa, dan diakhiri dengan penyerahan jabatan secara simbolis dari ketua HM-PS PMT periode 2022 kepada ketua HM-PS PMT periode 2023.

Serah Terima Kepengurusan HM-PS Pendidikan Matematika secara Simbolis

Tahniah wa innalillah, semoga dengan adanya regenerasi kepungurusan dapat meningkatkan kinerja HM-PS PMT bersama mahasiswa dan dosen untuk mencapai visi misi program studi Pendidikan Matematika.

Foto Bersama Pengurus Lama dan Baru HM-PS Pendidikan Matematika

Penulis: Armayadha Sihombing

About adminpmt

Check Also

Duka Mendalam, Pendidikan Matematika Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Ketua LPM UIN Suska Riau

https://pmt.uin-suska.ac.id/