Breaking News

Peningkatan Mutu Akademik dan Pembinaan Mental Spiritual dalam Kegiatan Pembinaan Beasiswa Prestasi on Going 2020 Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2021 yang Diikuti oleh Mahasiswa Pendidikan Matematika

Pembinaan beasiswa prestasi yang ditaja oleh pemerintah Provinsi Riau tahun anggaran 2021 ini dilakukan guna meningkatkan mutu akademik mahasiswa melalui pelatihan penulisan karya ilmiah dan pembinaan mental spiritual bagi mahasiswa penerima beasiswa prestasi on going 2020. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 4-6 Desember 2022 yang diikuti oleh 88 mahasiswa UIN Suska Riau yang dinyatakan lolos Beasiswa Prestasi Pemerintah Provinsi Riau pada Tahun 2020, 2 di antaranya ialah mahasiswi PMT semester 5 atas nama Annisa Rahmadina dan Nurwassa Billah. Pada tanggal 4 Desember 2022, pembukaan kegiatan pembinaan ini dipimpin langsung oleh Rektor UIN Suska Riau yang dilakukan di Hotel Grand Suka Pekanbaru dengan tema “Peningkatan Mutu Akademik Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Skripsi”. Pembinaan hari pertama dilakukan dari pukul 07.00-17.00 WIB, yang kemudian dilanjutkan dengan pembagian kamar secara acak agar peserta pembinaan dapat bermalam di hotel tersebut.

Foto bersama ibu moderator dan bapak WR 3 selaku pemateri
pada kegiatan hari pertama

Pada tanggal 5 Desember 2022 pukul 07.00 WIB seluruh peserta sudah siap berangkat menggunakan 2 bus Pariwisata untuk melakukan kegiatan pembinaan hari kedua yang dilaksanakan di Villa Dekotoz XIII Koto Kampar. Kedatangan peserta dan panitia dari Kemahasiswaan UIN Suska Riau pada pukul 08.30 WIB disambut hangat oleh panitia Villa Dekotoz dan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pembinaan mental spiritual yang dilakukan dari pukul 09.00-16.30 WIB. Rangkaian kegiatannya yaitu bermain games, membuat formasi 2022 menggunakan drone, ishoma, pembagian kamar dan mengelilingi Danau Villa Dekotoz dengan perahu.

Salah Satu Pelaksanaan Game pada Hari Kedua

Setelah rangkaian kegiatan di danau selesai, para peserta pembinaan dipersilahkan untuk menyantap makanan terlebih dahulu dan kemudian bersiap untuk melanjutkan kegiatan pembinaan dimalam hari. Kegiatan pembinaan pada malam harinya yaitu Muhasabah yang dilakukan di Aula Villa Dekotoz setelah shalat isya pada pukul 20.00-21.30 WIB. Materi muhasabah disampaikan langsung oleh bapak panitia pelaksana Villa Dekotoz dan Do’a bersama yang dipimpin oleh bapak Ahmad Syaifudin selaku Kemahasiswaan UIN Suska Riau. Setelah kegiatan muhasabah selesai, seluruh peserta pembinaan berkumpul di Gazebo Villa Dekotoz untuk bercengkrama menikmati suasana malam dan menjalin silaturahmi. Selanjutnya peserta pembinaan dipersilahkan untuk beristirahat dikamar Villa yang sudah dibagikan secara acak.

Formasi Angka 2020

Keesokan harinya kegiatan pembinaan diawali dengan shalat subuh berjamaah di Villa Dekotoz dan kemudian dilanjutkan dengan menyantap sarapan yang telah disediakan oleh panitia. Pukul 08.30 WIB para peserta diminta kembali bersiap ke Danau yang ada di Villa Dekotoz untuk berenang dan membuat formasi lingkaran. Kegiatan bermain di Danau berlangsung hingga pukul 10.30 WIB. Setelah itu, peserta dibebaskan untuk berenang di kolam Villa Dekotoz, belajar memanah, maupun mandi karena rangkaian kegiatan pembinaan telah selesai. Pukul 11.00 WIB peserta sudah bersiap dan berkumpul dilapangan untuk menghadiri prosesi penutupan kegiatan pembinaan yang telah berlangsung selama 3 hari. Setelah penutupan, peserta diarahkan untuk segera masuk kedalam bus dan kembali ke kampus UIN Suska Riau. Pukul 14.00 WIB seluruh peserta dan panitia pembinaan tiba di depan Gedung IC UIN Suska Riau.

Penulis : Annisa Rahmadina

About adminpmt

Check Also

Duka Mendalam, Pendidikan Matematika Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Ketua LPM UIN Suska Riau

https://pmt.uin-suska.ac.id/