Breaking News

Semangat Tingkatkan Akreditasi Jurnal, SJME Taja Workshop Peningkatan Kualitas Jurnal Terakreditasi Nasional

Akreditasi jurnal merupakan salah satu indikator mutu suatu jurnal. Suska Journal of Mathematics of Education atau disingkat SJME merupakan salah satu jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. SJME telah terakreditasi oleh Akreditasi Jurnal Nasional pada peringkat 4 sejak tahun Desember 2019 hingga 2024. Sehingga, SJME harus mengajukan akreditasi kembali pada tahun 2023. Sebagai persiapan, SJME tentunya harus berbenah diri dimulai dari tahun ini agar dapat meningkatkan kualitasnya.

 

Spanduk Kegiatan Workshop

Sebagai langkah awal, SJME laksanakan workshop bagi para pengelola (editor dan reviewer). Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai tata kelola jurnal dan artikel yang berkualitas. Workshop ini diadakan pada hari Rabu, 7 Desember 2022 di Hotel Ayola First Point Pekanbaru, menghadirkan salah satu asesor akreditasi jurnal nasional sekaligus Editor in Chief Jurnal Obsesi, bapak Mohammad Fauziddin, M.Pd.

Foto Bersama Peserta dan Narasumber

Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh Kaprodi Pendidikan Matematika, ibu Dr. Granita, M.Si. Kemudian, workshop dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan 1 (WD 1) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Workshop dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber, bedah jurnal SJME dan evaluasi.

Narasumber menyampaikan strategi pengelolaan jurnal yang berkualitas dan permasalahan-permasalahan yang terjadi saat mengelola jurnal. Kegiatan dilanjutkan dengan “bedah” jurnal SJME. Dari hasil bedah jurnal, pengelola SJME, terutama editor punya banyak PR demi memperbaiki mutunya. Begitu pula dengan hasil evaluasi diri, menunjukkan bahwa SJME hanya berada pada peringkat sinta 3. Oleh sebab itu, tim pengelola SJME perlu kerja keras untuk menuju sinta 2.

Foto Bersama Narasumber, Moderator, dan Ketua Prodi Pendidikan Matematika

Terus semangat para pengelola jurnal SJME. Kita bisa.

Penulis: Erdawati Nurdin, M.Pd.

About adminpmt

Check Also

Duka Mendalam, Pendidikan Matematika Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Ketua LPM UIN Suska Riau

https://pmt.uin-suska.ac.id/