Breaking News

Penelitian dan Pengabdian Mandiri Semester Ganjil 2023

Dua dari catur dharma perguruan tinggi adalah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dua kegiatan ini menjadi hal yang wajib bagi seorang dosen, baik itu untuk kenaikan pangkat pribadinya, untuk kepentingan program studi, maupun untuk kebermanfaatannya bagi dunia luas. Dengan mengingat semangat ini, selain mengajukan penelitian dan pengabdian yang didanai oleh pemerintah, dosen-dosen pendidikan matematika juga semangat dalam melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian secara mandiri. Hal ini dilakukan secara berkesinambungan pada setiap semester.

61 tim peneliti dinyatakan lulus dan diakui pihak LPPM UIN Suska Riau pada kelompok semester Ganjil 2022-2023. Dari keenam puluh satu tim tersebut, terdapat dua tim penelitian dari program studi pendidikan matematika. Adapun rincian data tim penelitian mandiri semester ganjil 2022-2023 sebagai berikut:

  1. Suhandri, S.Si., M.Pd., Mayu Syahwela, M.Pd., Miftahir Rizqa, M.Pd., dan Amelia Ramadhani Fitri dengan judul “Pengembangan Instrumen Pengukuran Higher order Thinking Skills (HoTS) bentuk Multiple Choice”.
  2. Noviarni, S.Pd.I., M.Pd., Ismail Mulia Hasibuan, S.Pd., M.Si., Hasanuddin, M.Si., Mimi Haryani, M.Pd., dan Dinda Okta Rahmadina dengan judul “Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Psikologi Belajar Matematika (Studi Kasus pada Mahasiswa Semester I Angkatan 2022)”

92 tim peneliti dinyatakan lulus dan diakui pihak LPPM UIN Suska Riau pada kelompok semester Ganjil 2022-2023. Dari kesembilan puluh dua tim tersebut, terdapat delapan tim pengabdian dari program studi pendidikan matematika. Adapun rincian tim pengabdian mandiri semester ganjil 2022-2023 sebagai berikut:

  1. Depriwana Rahmi, S.Pd., M.Sc., Annisah Kurniati, S.Pd.I, M.Pd., Dr. Suci Yuniati, M.Pd., dan Susi Ayu Yunita dengan judul “Penggunaan Media Teka-teki Silang Matematika dalam Menyelesaikan Operasi Hitung di SD IT Hilyatul Jannah Kampar”.
  2. Annisah Kurniati, S.Pd.I, M.Pd., Depriwana Rahmi, S.Pd., M.Sc., Dr. Risnawati, M.Pd., dan Anggi Komala dengan judul “Penggunaan Alat Peraga Matematika dalam Menyelesaikan Operasi Hitung di TK Hilyatul Jannah Kampar”.
  3. Ramon Muhandaz, M.Pd., Arnida Sari, S.Pd., M.Mat, Depi Fitraini, S.Pd., M.Mat, Erdawati Nurdin, M.Pd., dan Armayadha Sihombing dengan judul “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran bagi Guru Matematika”.
  4. Noviarni, S.Pd.I., M.Pd., Ismail Mulia Hasibuan, M.Sc., Hasanuddin, M.Si., Nunu Mahnu, S.Ag., M.Pd., dan Dinda Okta Rahmadina dengan judul “Pembuatan Portofolio Digital melalui Google Sites: Pengabdian dengan Pendekatan ABCD untuk Guru di Pekanbaru”.
  5. Ade Irma, M.Pd., Hayatun Nufus, M.Pd., Irma Fitri, S.Pd., M.Mat, Rena Revita, M.Pd., dan Rinu Nurhayati dengan judul “Pelatihan Penggunaan Media Google Sitesdalam Pembelajaran bagi Guru di Sekolah”.
  6. Marhama Jelita, S.Pd., M.Sc., Dr. Habibis Saleh, Rahmawati, S.Si., M.Sc., M. Imam Arifandy, M.Si., dan Nanda Okta Putra dengan judul “Pelatihan Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) pada Hidroponik di Pesantren Teknologi Riau (PTR)”.
  7. Suhandri, S.Si., M.Pd., Miftahir Rizqa, M.Pd., Mayu Syahwela, M.Pd., dan Rara Rahayu dengan judul “Pendampingan Pendalaman Materi Matematika untuk Anak-anak di Panti Asuhan Ash-Shohwah”.
  8. Dr. Sri Murhayati, M.Ag., Dr. Hj. Mardia Hayati, M.Ag., Ade Irma, M.Pd., Khusnal Marzuqo, M.Pd., dan Alvin Anzas Islami dengan judul “Penguatan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Madrassah di Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau”

Kegiatan penelitian dan pengabdian mandiri ini dilakukan menurut prosedur yang berlaku di UIN Suska Riau. Pertama, tim peneliti dan pengabdi melakukan usulan judul kepada pihak LPPM melalui akun masing-masing di https://sip-lppm.uin-suska.ac.id/ dengan melibatkan mahasiswa sebagai tim pengabdi atau tim peneliti, setelah itu akan diproses oleh pihak LPPM. Selanjutnya, LPPM akan mengeluarkan SK sesuai dengan usulan yang telah diajukan. Dalam proses tersebut, tim peneliti dan tim pengabdi melakukan kegiatan penelitian dan pengabdiannya masing-masing. Terakhir, setiap tim wajib melaporkan hasil kegiatan penelitian dan pengabdiannya yang dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting di depan narasumber, moderator, dan tim peneliti atau tim pengabdi lainnya.

Penulis: Hayatun Nufus, M.Pd.

Lampiran:

  1. SK Penelitian Mandiri Semester Ganjil Tahun 2023: SK Penelitian Mandiri Semester Ganjil 2022-2023
  2. Pengumuman Pelaksanaan Penelitian Mandiri Semester Ganjil Tahun 2023: Pengumuman Pelaksanaan Seminar Hasil Penelitian Mandiri Semester Ganjil 2022-2023
  3. SK Pengabdian Mandiri Semester Ganjil Tahun 2023: SK Pengadian Mandiri Semester Ganjil T.A. 2022-2023

About adminpmt

Check Also

Ramadhan Menyapa, Menggapai Taqwa di Bulan Berkah

Colorful Ramadhan adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika divisi …

https://pmt.uin-suska.ac.id/