Breaking News

Tingkatkan Jumlah Kelulusan Tepat Waktu, PMT Maksimalkan Jalur Penelitian Payung

Penelitian payung merupakan sebuah kegiatan penelitian kolaboratif dengan mengangkat suatu tema besar penelitian, untuk selanjutnya diturunkan ke dalam beberapa subtema yang lebih kecil. Setiap subtema penelitian tersebut bersifat saling melengkapi jika digabungkan, namun tetap dapat berdiri sendiri jika dipisahkan.

Berangkat dari konsep penelitian payung ini, dengan diinisiasi oleh para dosen pengampu mata kuliah metodologi penelitian pendidikan, pimpinan program studi pendidikan matematika yang diikuti oleh seluruh dosennya menyepakati dilaksanakannya kegiatan penelitian payung. Hal ini tercapai pada rapat yang diselenggarakan pada tanggal 15 Februari 2023. Kegiatan penelitian payung yang dimaksud dianggap mampu menjadi solusi dalam meningkatkan jumlah lulusan PMT yang tamat tepat waktu.

Pembahasan Penelitian Payung

Menggunakan konsep penelitian payung, dosen dianggap sebagai peneliti utama. Sementara itu, beberapa mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir dianggap sebagai asisten peneliti. Setiap asisten peneliti mendapatkan sebuah subtema peneltian yang terkait dengan penelitian dosennya sebagai peneliti utama.

Terdapat beberapa jenis peneltian yang bisa diangkat sebagai penelitian payung yang lazim berlaku di PMT. Diantara jenis penelitian tersebut yaitu: penelitian kuantitatif eksperimen, kuantitatif korelasional, kualitatif, dan pengembangan. Pimpinan program studi meminta masing-masing dosen PMT untuk dapat membuat sebuah judul dan kegiatan penelitian payung yang dapat dipecah menjadi penelitian-penelitian yang bisa dilakukan mahasiswa dalam rangka menuntaskan tugas akhirnya berupa skripsi. Semoga dengan disepakatinya kegiatan penelitian payung ini memang dapat menstimulus meningkatnya jumlah kelulusan tepat waktu. Aamiin.

About adminpmt

Check Also

Ramadhan Menyapa, Menggapai Taqwa di Bulan Berkah

Colorful Ramadhan adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika divisi …

https://pmt.uin-suska.ac.id/