Breaking News

Guna Mendorong Peningkatan Kuantitas HKI dan Hak Paten, PMT adakan FGD

PO PAK (Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit) merupakan buku wajib yang mesti dipahami oleh semua dosen. Pada PO PAK ini, terdapat salah satu kegiatan di bidang penelitian yang masih jarang digunakan dan dimanfaatkan secara maksimal oleh dosen, padahal memberikan angka kredit yang lumayan besar. Kegiatan tersebut adalah terkait pembuatan rancangan dan karya teknologi yang dipatenkan. Berbeda dengan HaKI, paten menjadi sebuah hal yang hampir sangat jarang dilakukan. Dosen merasa sulit dan terbebankan untuk mendaftarkan paten.

Pemaksimalan poin dari paten ini perlu dilakukan. Berangkat dari hal ini, program studi pendidikan matematika mengadakan kegiatan FGD yang mengangkat tema “Pemaksimalan Rancangan dan Karya Teknologi yang Dipatenkan”. Kegiatan ini berlangsung secara offline yang lebih menekankan kepada pola diskusi. Sebelum kegiatan diskusi dilakukan, terlebih dahulu disampaikan poin penting terkait hak paten pada PO PAK yang disampaikan secara langsung oleh penjamin mutu PMT, yaitu Ibu Depi Fitraini, S.Pd., M.Mat.

Kegiatan FGD Peningkatan Kuantitas HKI dan Hak Paten

Kegiatan diskusi dipimpin oleh dosen PMT yang dianggap memiliki pengetahuan lebih terkait PO PAK, yaitu Bapak Hasanuddin, M.Si. yang didampingi oleh Ibu Erdawati Nurdin, M.Pd. Penyampaian dan diskusi yang dilakukan lebih kepada teknis dalam membuat rancangan dan karya teknologi di bidang pendidikan matematika dan bagaimana cara mengajukan hak patennya.

Kegiatan FGD ini berlangsung hangat dengan adanya diskusi berupa tanya jawab antara sesama peserta yang merupakan dosen PMT.  Selama kegiatan berlangsung, sangat terlihat jelas antusias para dosen dalam menyimak penyampaian materi dan jawaban dari setiap pertanyaan. Selain itu, juga tampak adanya semangat dosen dalam mencoba membuat rencana rancangan dan karya teknologi yang akan dipatenkan. Semoga apa yang direncanakan terlaksana dengan baik. Aamiin.

About adminpmt

Check Also

Ramadhan Menyapa, Menggapai Taqwa di Bulan Berkah

Colorful Ramadhan adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika divisi …

https://pmt.uin-suska.ac.id/