Breaking News

FTK Launching 13 Judul Buku Terintegrasi Keislaman

Integrasi Sains dan Islam pada dasarnya memiliki tujuan penting yaitu untuk mengembalikan kejayaan Islam seperti apa yang telah terjadi dimasa lalu yaitu pada saat ilmuwan-ilmuwan muslim masih hidup. Integrasi Sains dan islam ini juga merupakan bentuk dari perwujudan penghilangan dikotomi atau pemilahan antara ilmu agama dengan ilmu sains dalam kehidupan. Pemilahan atau dikotomi antara ilmu agama dengan ilmu sains yang disebut ilmu umum ini sebenarnya merupakan upaya untuk mengimplementasikan kehidupan yang sekuler serta wawasan yang parsial dan bukan holistik atau menyeluruh. Oleh karena itu, sebagai orang-orang yang berperan dalam bidang pendidikan, dosen perlu melakukan integrasi antara ilmu islam dan ilmu sains tersebut serta memberikannya kepada mahasiswa dalam proses pembelajaran.

Salah Satu Penulis yang Menandatangi MoU dengan Pihak Penerbit Buku

Dalam upaya mengintegrasikan ilmu islam dan ilmu sains tersebut, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan kembali meluncurkan buku daras terintegrasi keislaman yang terdiri dari 13 judul buku yang disusun oleh dosen-dosen berprestasi di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang telah disahkan oleh Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau dalam Surat Keputusan Nomor 1579 Tahun 2023. Buku daras yang disusun oleh para dosen Fakultas tarbiyah dan keguruan tersebut berisikan tentang ilmu-ilmu sains yakni ilmu biologi, ilmu kimia, ilmu matematika, ilmu konseling dan pendidikan anak usia dini serta banyak lagi bidang imu yang diintegrasikan dengan ilmu keislaman.

Buku Bidang Pendidikan Integrasi Keislaman Karya Dosen Pendidikan Matematika

Launching buku daras karya para dosen tersebut dilakukan pada kegiatan kuliah umum Fakultas Semester Genap Tahun Ajaran 2023-2024. Kegiatan yang diadakan secara hybrid pada Rabu tanggal 7 Februari 2024 ini, ditutup dengan launching 13 judul buku daras terintegrasi keislaman dan penandatanganan MoU oleh penulis dan penerbit nasional yaitu Raja Grafindo Persada yang telah membantu menerbitkan karya dosen-dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Buku Bidang Geometri Integrasi Keislaman Karya Dosen Pendidikan Matematika

Diantara karya para dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan tersebut, ikut berpartisipasi juga dosen-dosen berprestasi dari program studi pendidikan matematika yaitu ibu Erdawati Nurdin, M.Pd., dengan bukunya yang berjudul “Geometri Analitik: Integrasi Ilmu, Islam dan Teknologi”, ibu Hayatun Nufus, M.Pd. dengan bukunya yang berjudul “Program Linear Terintegrasi Keislaman” serta Ibu Prof. De Zubaidah Amir MZ, M. Pd. Dan Prof. Dr. Risnawati, M. Pd. dengan buku yang berjudul “Microteaching: Melatih Keterampilan Dasar Mengajar Bernuansa Islami”.

Buku Bidang Terapan Integrasi Keislaman Karya Dosen Pendidikan Matematika

Buku daras terintegrasi keislaman yang telah dikembangkan diharapkan dapat memberikan manfaat khususnya bagi mahasiswa untuk dapat menjadi tambahan referensi dalam melaksanakan perkuliahan dan tentunya melalui adanya integrasi antara ilmu sains dan ilmu Islam ini mahasiswa dapat mengetahui bahwa ilmu sains dan ilmu Islam itu tidak dapat dipisahkan.

Penulis: Rena Revita, M. Pd.

About adminpmt

Check Also

Cuti Bersama Lebaran Idul Fitri 1445 H

EDARAN-LIBUR-NASIONAL-DAN-CUTI-BERSAMA-HARI-RAYA-IDUL-FITRI-1445Download