Breaking News

Kuliah Umum FTK Semester Genap 2023-2024

Libur semester ganjil tahun ajaran 2023-2024 telah usai. Civitas akademik kampus UIN Sultas Syarif Kasim Riau telah kembali disibukkan dengan agenda perkuliahan untuk semester genap tahun ajaran 2023-2024. Diselenggarakannya kuliah umum Fakultas Tarbiyah dan keguruan menjadi penanda bahwa awal semester baru sudah dimulai. Pada kegiatan kuliah umum yang diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 7 februari 2024 ini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan mengangkat tema yaitu “Penggunaan Teknologi dalam Mengembangkan Pendidikan secara Islami, Peluang dan Tantangan” dengan langsung mengundang narasumber yait Prof. Dr. Okfalisa, ST, M.Sc. yang ahli dibidangnya.

Flyer Kegiatan Kuliah Umum Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid (offline dan online). Kegiata offline dilakukan di aula Lantai 5 Gedung rektorat yang dihadiri dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yaitu Dr. Kadar, M.Ag. Kemudian juga turut hadir secara offline Wakil Dekan 1 yaitu Dr. Zarkasih, M.Ag., Wakil Dekan 2 yaitu Prof. Dr. Zubaidah Amir MZ, M.Pd., dan Wakil Dekan yaitu 3 Dr. Amirah Diniyati, M.Pd., Kons. Kegiatan ini juga dihadiri secara offline oleh dosen dan tenaga kependidikan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan serta para mahasiswa dari berbagai program studi pada fakultas tarbiyah dan keguruan. Selain Offline, kegiatan ini juga dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa secara online melalui link zoom https://us06web.zoom.us/j/82057388970?pwd=tQtV4oTcMOHi1Wge 2FzO28fjdpaDFt.1 dan juga online melalui channel youtube FTK.

Kegiatan Kuliah Umum melalui Zoom Meeting

Dalam kesempatan ini, Prof. Okfalisa menyampaikan dengan adanya perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan, maka dosen dan guru dapat menggunakan teknologi tersebut secara maksimal dalam hal media pembelajaran yang salah satunya dapat berupa pembuatan video pembelajaran. Hal tersebut dapat memberikan kemudahan kepada para pendidik baik itu dosen, guru maupun para ustad dan ustadzah dalam menyampaikan ilmu pengetahuan yang memiliki keterbatasan dalam hal kehadiran. Untuk itu, diharapkan tidak adalagi yang menjadi alasan bagi dosen untuk tidak memenuhi kewajiban mengajar dengan minimal 13 pertemuan dan maksimal 16 pertemuan, hal ini dikarenakan dosen dapat memaksimalkan perkuliahan melalui pemanfaatan teknologi yang salah satunya dengan pengguanaan video pembelajaran yang dianggap relevan dan lebih banyak diterima di kalangan masyarakat saat ini.

Kegiatan Kuliah Umum di Aula Lantai 5 Gedung Rektorat

Melalui kegiatan kuliah umum ini, diharapkan pada dosen dan mahasiswa yang nantinya akan menjadi pendidik dimasa depan dapat mengambil manfaat dari adanya perkembangan teknologi yang banyak memberikan dampak positif bagi masyarakat saat ini. Tentunya penggunaan teknologi tersebut harus diiringi dengan rasa tanggung jawab dan juga perlu adanya pengetahuan yang mendukung dalam hal teknologi tersebut. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan mampu melakukan pengembangan diri agar dapat menggunakan teknologi dalam hal pengembangan bidang pendidikan yang sesuai dengan perkembangan zaman dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

Penulis: Rena Revita, M. Pd.

About adminpmt

Check Also

Cuti Bersama Lebaran Idul Fitri 1445 H

EDARAN-LIBUR-NASIONAL-DAN-CUTI-BERSAMA-HARI-RAYA-IDUL-FITRI-1445Download